Islamic Study Community – VEDC Malang


TMDK (Training Manajemen Dakwah Kampus) SulSel-Bar

Ditulis dalam Liputan FSLDK oleh Ukhti Soleha pada 1 Februari 2009

TMDK (Training Manajemen Dakwah Kampus) SulSel-Bar
Written by Administrator
Sunday, 03 February 2008 15:56

Makasar. FSLDK (Forum Silahturahhim Lembaga Dakwah Kampus) SulSel-Bar kali ini mengadakan pelatihan/Training manajemen dakwah kampus yang bertajuk Standarisasi Pelatihan Manajemen Nasional (SPMN) yang diperuntukkan bagi seluruh LDK-LDK yang ada di daerah Sulawesi Selatan & Sulawesi Barat. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 25-27 Januari 2008 bertempat di Gedung LPTQ yang ada di Daerah Minasa Upa, Makassar.
Acara yang dimulai pukul 9.30 WITA ini dihadiri oleh beberapa perwakilan LDK-LDK dari masing-masing daerah, diantaranya adalah LDK asal Makassar, Maros, Pangkep, Pare-Pare, Bone, Pinrang, Mamuju, Gowa,Watampone dsb. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan – kegiatan yang Insya Allah dapat bermanfaat bagi para aktivis dakwah kampus yang masih mengalami berbagai kendala dalam berdakwah berikut solusi yang dapat diberikan dari para trainer-trainer yang berpengalaman.Tujuan dari acara ini adalah agar dapat mengembangkan kemampuan SDM para Aktivis Dakwah Kampus dan mencetak suplai alumni yang berafiliasi kepada Islam serta optimalisasi peran kampus dalam mentrasformasi masyarakat menuju masyarakat Islami.

Dalam acara,pada hari pertama pelaksanaan acara ,banyak materi yang diterima peserta yang berkaitan dengan dakwah kampus, diantaranya tentang urgensi dakwah kampus, Al Qiyadah wal Jundiyah, Dakwatunna & karakteristik Da’I Muntijah, Amal jama’I & paradigma LDK, permasalahan yang dihadapi LDK, solusi terbaik dan lain sebagainya. Di samping itu peserta diberikan waktu untuk bertanya, diskusi, sharing tentang LDK dan juga diberikan beberapa games agar peserta tidak bosan. Acara ditutup dengan pembagian kelompok LDK , kemudian agenda pada hari esok pun dimulai… Sabtu,26 Januari 2008 adalah hari kedua training manajemen dakwah kampus . Acara dimulai sejak pukul 3.14 WITA dini hari saat semua panitia & peserta aktif kembali dari tidurnya. Untuk melaksanakan sholat Qiyamul Lail berjamaah kemudian dilanjutkan dengan sholat Shubuh berjamaah.

Dalam kegiatan tersebut terlihat bagaimana para peserta & panitia berjuang untuk melawan nafsu tidurnya demi beribadah kepada Allah walaupun ada beberapa panitia & peserta yang sulit dibangunkan (mungkin tukang tidur). Kemudian acara berlanjut ke Manajemen SDM yang dilakukan dengan cara membentuk halaqah-halaqah yang disesuaikan dengan asal masing-masing LDK. Setelah itu para peserta diizinkan untuk istirahat, mandi, tidur kembali sambil menunggu sarapan pagi datang. Setelah itu para peserta diberikan materi kembali, yang bertemakan Syi’ar & Media yang dibawakan oleh trainer asal LDK asal Bandung (GAMAIS) yaitu, Akh.Yusuf. Dalam acara, antusiasme para peserta sangat tinggi, banyak yang menanyakan, berdiskusi, bahkan mengungkapkan masalah yang dialami oleh LDK-nya. Para trainer pun semangat sekali hingga tak sadar waktu sholat pun tiba.

Selanjutnya pemberian materi dihentikan sementara waktu sebab sudah saatnya ishoma (istirahat, Sholat, makan). Di sisi lain para panitia sibuk mengurus konsumsi para peserta yang mengalami keterlambatan karena jauhnya temapat pemesanan konsumsi hingga sering waktu makan menjadi terlambat dari jadwal yang seharusnya. Kemudian acara dilanjutkan kembali sekitar pukul 14.00 WITA, materi yang diberikan berjudul “Organisasi & Kesekretariatannya”, kali ini antusiasme para peserta meningkat sehingga waktu yang disediakan pun terasa masih kurang, Oleh karena itu materi tentang itu ditunda hingga Ahad nanti. Para peserta & panitia Ikhwan kemudian pergi sholat Ashar ke masjid terdekat secara berjamaah, kemudian kembali kembali ke tempat acara untuk melanjutkan sesi yang sempat tertunda, namun karena suatu hal materinya berlanjut ke materi berikutnya yang berjudul “Akpro & Pengenalan IT” hingga pukul 17.30 WITA.

Selanjutnya para Peserta kembali membentuk halaqah-halaqah berdasarkan asal LDK-nya seperti tadi pagi hingga waktu Maghrib. Ba’da Maghrib dimanfaatkan para peserta untuk ishoma,tilawah ataupun bersantai menunggu acara selanjutnya. Kali ini Alhamdulillah tidak ada masalah konsumsi yang biasa dialami oleh panitia. Selanjunya setelah sholat Isya, materi dilanjutkan kembali dan akhirnya ditutup dengan Muhasabah… selanjutnya para peserta & panitia beristirahat menanti apa yang akan terjadi esok hari…Ganbattene!!

Hari ketiga, 27 Januari. Hari ini seperti biasa diawali dengan QL bersama. Ba’da subuh barulah perserta bersiap-siap dengan pakaian olahraganya untuk berolah tubuh. Akhwatnya riyadho di aula, dan ikhwannya out bound di lapangan. Banyak hal-hal seru yang terjadi saat out bond, diantaranya adalah saat salah satu ikhwan yang jatuh saat membuat ’menara Eifel’, untungnya tidak ada yang terluka walaupun lapangannya keras.

Akhirnya riyadhoh dan out bond pun selesai dan para peserta diberikan waktu untuk istirahat, para peserta banyak yang kelelahan hingga sebagian ada yang tidur, sebagian antri ke kamar mandi mandi, dan sebagian lagi sarapan pagi. Setelah bersih-bersih dan sarapan (Alhamdulillah sarapannya selalu tepat waktu), materi hari ketiga dan yang terakhir dimulai lagi. Materi pagi ini tentang funrising. Hal yang paling sensitif dan menentukan berjalan atau tidaknya suatu kegiatan. Seperti biasa, peserta dan pemateri mengikutinya dengan antusias. Kebanyakan penanya adalah orang-orang yang berkecimpung langung dalam hal funrising, maksudnya para bendum dan danuser.

Ba’da dhuhur peserta sudah berkemas-kemas untuk pulang kembali ke daerahnya masing-masing. Tapi sebelumnya ada sedikit penjelasan dari ketua puskomda FSLDK SulSel-Bar, akh Fitrah F. Atjo mengenai FSLDK, yang dirangkaikan dengan penutupan. Banyak pesan-pesan yang diberikan oleh Akh Yusuf selaku Trainer TMDK dari Gamais ITB, juga dari akh Fitrah selaku ketua Puskomda FSLDK. Ba’da ashar sebelum pulang, panitia membagikan souvenir dari LDK Gamais ITB untuk seluruh perwakilan LDK dan Kampus yang hadir. Foto bersama. Lalu para peserta pun pulang. Selamat Berjuang Akhi, Ukhti! Ini bukannya akhir, tapi dari sinilah kita akan mulai lagi meneruskan langkah perjuangan kita! Menyelaraskan hati, menyatukan jiwa. Bersama mengukir sejarah peradaban Islam di Indonesia dan Insya Allah kelak dunia! ALLAHU AKBAR!

http://fsldkn.org/berita-fsldk/tmdk-training-manajemen-dakwah-kampus-sulsel-bar.html

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: