Islamic Study Community – VEDC Malang


FSLDK Nasional V – Malang

Posted in Pertemuan FSLDK Nasional oleh Ukhti Soleha pada 1 Februari 2009

FSLDK Nasional V – Malang

FSLDKN V diselenggarakan di IKIP Malang pada tanggal 15-19 September 1989. FSLDKN yang berlangsung sejak tahun 1986 menginjak tahapan penting. Karena inilah FSLDKN se-Indonesia yang pertama, setelah disadari pentingnya pula mengembangkan dakwah di kampus-kampus luar Jawa. Hadir dalam pertemuan itu utusan dari Sumatra, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Bali. Tahapan penting lainnya adalah disepakatinya rumusan khittah LDK sebagai garis perjuangan LDK yang berisi arah, tujuan dan sasaran dakwah di kampus.

Dengan adanya khittah ini diharapkan tercapai kesamaan pemahaman terhadap arah dakwah di kampus dan FSLDK sebagai bagian yang tak terpisahkan dari “strategi global” dakwah di negeri ini, sekaligus menjawab keraguan yang berkembang selama ini. Diakui, khittah memang tidak serta merta menyelesaikan masalah dakwah di kampus. Tapi setidaknya perjalanan dakwah kampus dan forum yang dikembangkan berada dalam arah rel yang jelas.

Diakui pula bahwa khittah tersebut secara langsung menjelaskan duduk persoalan dakwah. Apalagi memberikan pemahaman tentang dakwah terhadap para aktifis dakwah Islam di kampus-kampus. Sebab Khittah hanyalah merupakan perumusan singkat dan sifatnya operasional yang terkait dengan kondisi kampus. Untuk mengisi ruh pemahaman itulah maka disusun mafahim LDK yang merupakan cara pemahaman LDK terhadap persoalan-persoalan pokok dalam Islam yang menyangkut masalah aqidah, syariah, dan dakwah itu sendiri. Rancangan khittah LDK dan mafahim LDK berdasarkan surat keputusan FSLDK di Unhas Ujung Pandang masing-masing dengan nomor 01/FS-VII/Makassar/1412 dan 01/FS-2VII/Makassar/1412.

Ditetapkan pula ITB sebagai PUSKOMPUS dan IKOPIN sebagai tuan rumah FS berikutnya.

http://fsldkn.org/pertemuan-fsldk-nasional/page-4.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: