Islamic Study Community – VEDC Malang


FSLDK Nasional X – Malang

Posted in Pertemuan FSLDK Nasional oleh Ukhti Soleha pada 1 Februari 2009

FSLDK Nasional X – Malang

FSLDKN X semestinya di selenggarakan di Universitas Lambung Mangkurat, namun karena ada ketidaksiapan maka SC FSLDK Nasional memutuskan untuk mengalihkan penyelengaraannya di Universitas Muhammadiyah Malang. FSLDK X diselenggarakan pada tanggal 25-29 Maret 1998. Penyelenggaraan FS ini bersamaan dengan agenda reformasi, sehingga suasana sidangpun sangat dipengaruhi oleh nuansa reformasi. Dalam FS ini akhirnya ditetapkan bahwa Puskomnas dipegang oleh Gamais ITB dan FSLDKN XI akan diadakan di UI pada tahun 2000. Juga bahwa hasil-hasil persidangan komisi, pelaksanaannya dikembalikan kepada LDK masing-masing dengan koordinasi dari masing-masing Puskom (Puskomda maupun Puskomwil).

Pada FS ini pula, setelah sidang ditutup dideklarasikanlah KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) yang pada akhirnya disebut sebagai Deklarasi Malang. Munculnya gagasan-gagasan pembentukan kesatuan aksi bagi mahasiswa muslim disebabkan beberapa aktifis LDK merasa bahwa kalau LDK bergerak dalam aksi, maka amat riskan, dan sangat memungkinkan terjadi penekan-penekanan dan bahkan sangat mungkin pembubaran. Hal ini tentunya sangat tidak menguntungkan bagi dakwah kampus. Diperlukan wadah tertentu yang mengkonsentrasikan diri pada agenda politik. Oleh sebab itu agar LDK tetap save maka LDK harus membentuk sayap yang berupa kesatuan aksi, yang kemudian dinamakan KAMMI.

Yang bertanda tangan pada waktu pendirian kammi tak kurang dari 60 orang dari LDK (mereka mewakili dirinya sendiri/bukan atas nama LDK). Dan ada sekitar 6 LDK yang menolak terbentuknya KAMMI karena menganggap bahwa KAMMI merupakan sebuah hasil rekayasa yang sistematik dari suatu kelompok tertentu. Terlepas dari hal itu ternyata KAMMI akhirnya cukup memberikan andil bagi jalannya reformasi di Indonesia. Dan setelah konggresnya yang pertama dan memutuskan untuk menjadikan KAMMI sebagai ormas, maka LDK akhirnya memposisiskan KAMMI sebagaimana OMEK yang lain.

Selain itu, FSLDKN X juga memunculkan suatu jaringan khusus muslimah yang disebut Jarmus. Jarmus lahir dilatarbelakangi adanya kebutuhan muslimah untuk menjalin ukhuwah islamiyah antar muslimah diberbagai LDK yang pada tahap awalnya dapat dilakukan dengan cara bertukar informasi sehingga akan memberikan kesempatan yang lebih besar pada muslimah untuk saling mengetahui kondisi atau permasalahan yang dihadapi oleh muslimah di LDK. Di samping itu pembentukan jarmus juga dilatarbelakangi oleh kesadaran bahwa muslimah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari barisan dakwah yang sama-sama memiliki tanggung jawab dengan muslim yang lain dalam menjalankan roda dakwah dalam satu barisan yang kokoh dan teratur, dalam upaya melakukan perubahan, perbaikan kondisi ummat pada umumnya dan melakukan reformasi moral, akhlak, dan aqidah; sebagai upaya perbaikan akhlak wanita melalui tangan wanita merupakan suatu kewajiban yang sebaiknya dilakukan oleh wanita itu sendiri. Peran ini merupakan tanggung jawab besar yang harus kita laksanakan, untuk itu diperlukan kesamaan gerak langkah muslimah dalam menyikapi permasalahan keummatan yang terjadi dewasa ini.

Atas dasar inilah Jarmus dibentuk yang difungsikan sebagai wadah yang membangun potensi serta sarana informasi tentang peranan muslimah setiap lembaga dimana muslimah berada. Dimana sistem komunikasinya sama dengan Puskomnas, sehingga secara praktis koordinator Jaringan Muslimah Nasional adalah Puskomnas. Jarmus dapat memfasilitasi dalam hal terjalinnya ukhuwah islamiyah sesama muslimah yang tergabung dalam LDK se-Indonesia, dapat memberikan kontribusi terhadap permasalahan ummat dalam ruang lingkup dan kapasitas muslimah, serta mengembangkan potensi muslimah dalam dakwah kampus sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam FSLDK. Adanya JARMUS sangat bermanfaat dalam rangka meluasnya lahan dakwah dengan gerak dakwah yang global. Transfer informasi berjalan sistematis sehingga memudahkan koordinasi dan tindakan yang cepat dalam penyikapan serta dapat menguatkan barisan dakwah muslimah dalam beramal ma’ruf nahi munkar di masing-masing lahan dakwah yang digeluti.

http://fsldkn.org/pertemuan-fsldk-nasional/page-9.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: