Islamic Study Community – VEDC Malang


FSLDK Nasional XI – Jakarta

Posted in Pertemuan FSLDK Nasional oleh Ukhti Soleha pada 1 Februari 2009

FSLDK Nasional XI – Jakarta

Pertemuan FSLDKN XI dilaksanakan tanggal 20-24 Juli 2000 di UI Depok sesuai dengan yang diamanahkan pada FSLDK sebelumnya. Pada FSLDK ini terjadi lonjakan peserta yang monumental sekali dan itu di luar perkiraan panitia. Bercermin pada FSLDK sebelumnya dengan 66 LDK maka lonjakan peserta menjadi tiga kali lipat yaitu dihadiri oleh 680 orang dari 200 LDK. Selama acara berlangsung terkesan kering dengan nuansa ukhuwah. Hal ini sangat kontras terlihat pada pembahasan tatib yang memakan waktu selama sembilan jam sehingga acara FSLDK diperpanjang selama satu hari, yang mengharuskan panitia menyediakan uang sebesar Rp 25.000.000,00. Bahasan tentang jaringan muslimah (jarmus) mulai digulirkan.

Beberapa hasil penting dari FSLDK XI adalah:

– Isu-isu nasional
Membentuk centre of crysis untuk kemanusiaan
Menolak intervensi asing
Mendesak pemerintah untuk melarang pornografi, free sex, perjudian, miras, dan narkoba
Menjaga integritas bangsa dan mendorong semua pihak untuk tetap menjaga keutuhan bangsa
Menyerukan kepada semua pihak, khususnya pemerintah agar waspada terhadap gerakan kristenisasi dan berusaha membendungnya

– Pola komunikasi
Komunikasi antar LDK dilakukan melalui FSLDK dan Puskom (Pusat Komunikasi) LDK sebagai sarana komunikasi yang ada di tingkat pusat (Puskomnas) dan di tingkat daerah (Puskomda). FSLDK XI telah menetapkan JMMI ITS sebagai Puskomnas FSLDK dan FKI Rabbani Unand sebagai OC FS-Nas XII. Untuk Puskom Daerah Surabaya adalah UKKI UNESA (dulu IKIP Negeri Surabaya)

– Ke-LDK-an
Mendesak Depdiknas, Depag, dan Depdagri untuk tidak menghalang-halangi muslimah menggunakan busana muslimah
Mengusahakan dimasukkannya mentoring sebagai bagian dari kurikulum pendidikan
Mengusahakan pendirian tempat ibadah (masjid) dan pendirian LDK di tiap-tiap kampus

Setelah FSLDKN XI ada beberapa hal menarik yang melibatkan FSLDKN di kancah nasional. Antara lain penyikapan terhadap kondisi umat : Hak Asasi Manusia di Indonesia, umat Islam di Bosnia, agresi biadab Israel terhadap umat Islam di Palestina, aksi membabi buta Amerika Serikat kepada Afganistan pasca WTC 11 September, bantuan kemanusiaan kepada korban banjir di Indonesia dan kerusuhan Sampit, dan Sumpah Pemuda Muslim secara nasional, mengambil momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2000 untuk opini pentingnya persatuan nasional sebagai perwujudan ukhuwah islamiyah bangsa Indonesia. Untuk pendampingan atau dalam rangka mengoptimalkan FSLDKN untuk penigkatan kualitas LDK, maka diadakanlah Simposium Pengembangan dan Pembinaan SDM secara nasional, dan telah terlaksana di Kendari, Samarinda, Padang, dan Malang.

Pada FSLDK kali ini juga dibahas tentang jaringan muslimah mengingat jumlah muslimah yang sangat banyak dan juga dalam rangka optimalisasi peran muslimah dalam dakwah karena terkadang ada hal-hal tertentu yang hanya diketahui oleh muslimah dalam menjalankan dakwahnya kepada kaumnya. Pada FSLDK ini pulalah diluncurkannya situs http://www.ukhuwah.or.id yang merupakan media komunikasi LDK seluruh indonesia mengingat pentingnya menggunakan media internet dalam membentuk sebuah jaringan dakwah yang solid untuk transfer informasi.

Akhirnya disepakati Jama’ah Masjid Manarul ‘Ilmi ITS sebagai Puskomnas periode 2000/2002 dan FKI Rabbani Universitas Andalas sebagai tuan rumah FSLDKN XII.

http://fsldkn.org/pertemuan-fsldk-nasional/page-10.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: