Islamic Study Community – VEDC Malang


Jangan Memakai… Jilbab!

Posted in Muslimah oleh Ukhti Soleha pada 1 Februari 2009

Jangan Memakai… Jilbab!
Written by Administrator
Monday, 08 December 2008 00:09

Bagi saya pribadi ini bukanlah permasalahan mendasar apalagi karena saya adalah seorang laki-laki, yang tidak akan pernah menggunakan jilbab sampai kapan pun. Kecuali ada syariat baru dari Allah, tapi sepertinya itu tidak akan terjadi karena risalah telah ditutup, tidak akan ada lagi syariat baru selain apa yang telah tertulis dengan begitu sempurna dalam Alquran.

Tetapi menjadi sesuatu yang mengganjal dan membuat saya sedikit risih melihat fenomena hari ini. Entah ini karena dangkalnya pemahaman tentang bagaimana ber jilbab, karena memang saya tidak pernah belajar itu, selain dari apa yang saya fahami melalui membaca sedikit dari begitu banyak buku yang membahas tentang jilbab.

Saya pernah sampaikan hal ini ke adik saya beberapa bulan lalu, tetapi belum ke yang lain. Padahal bukan adik saya saja yang pernah melakukan itu. Sebagian akhwat. Kemaren saya pernah mengisi pelatihan disalah satu fakultas, lagi-lagi saya menemukan hal itu. Sesuatu yang membuat saya sedikit merasa aneh melihatnya. Beberapa bulan yang lalu, ketika saya ke Bogor, saya pun menyaksikan hal sama. Disana hadir utusan dari beberapa universitas di Indonesia, ada Unpad, ITB, UGM, UI, Unair, Unhas, ITS, IPB. Bahkan dipentas semacam FSLDKN sekalipun, hal itu di temui. Maka agaknya hal ini telah menjadi sebuah ‘trend’ di kalangan sebagian kecil (mungkin) akhwat di Indonesia.

Sebenarnya permasalahannya simple saja. Saya sering mendapati ketika mengisi pelatihan baik peserta maupun panitia, adik-adik angkatan saya, sebagian kecil memakai almamater atau jaket LDK diluar jilbabnya. Sehingga dengan begitu ia akan terlihat sama dengan muslimah lain yang hanya melilitkan kain kecil di kepala. Karena hanya kepala sajalah yang pada akhirnya terlihat tertutup oleh jilbab yang tadinya lebar. Maka sedalam dan selebar apapun jilbab yang dikenakan, itu menjadi tidak berarti ketika, di luarnya ditutup lagi dengan jaket.
Sementara kita tahu salah satu fungsi jilbab itu sebenarnya adalah untuk menyamarkan. Dan fungsi itu menjadi hilang, ketika ada jaket yang melapisinya di luar.

Alangkah lebih bijaknya, jika tetap ingin menggunakan jaket, dikenakan saja di dalam jilbab. Saya yakin alasan kita menggunkan jaket adalah untuk melawan udara dingin, atau kalau sedang berada dalam sebuah acara fungsinya adalah agar panitia atau peserta terlihat seragam, atau alasan lain. Tapi apapun alasannya, itu semua tidak akan terhalang ketika jaket itu dikenakan di dalam jilbab. Kecuali kalau ada yang memakai jaket untuk memamerkan logo, tulisan atau lambang yang tergambar di belakangnya, saya rasa tidak ada ADK yang seperti itu. Entahlah.. kalau ada, mungkin ia penumpang gelap di gerbong da’wah.

Mungkin salah satu alasan lain kenapa jaket itu sering ditemukan berada di luar jilbab adalah karena sulit atau repot jika harus dimasukkan ke dalam. Ya, mungkin memang repot dan menyulitkan jika baru dikenakan ketika telah berada di jalan, di bis, di angkot atau di ruang acara. Tetapi menjadi berbeda jika dikenakan sejak akan berangkat dari rumah.

Ketika ini tidak disikapi dengan baik, ia akan menjadi ‘gaya’ tersendiri dalam ruang da’wah. Kemudian seseorang merasa lebih nyaman, lebih bagus, lebih ………(titik-titik) ketika memakai jilbab yang ditutupi dengan jaket.

Ketika adik-adik mahasiswa baru melihat bagaimana cara kakak-kakaknya di forum dan di mentoring memakai jilbab, mereka pun lantas meniru, ikut-ikutan menggunakan jaket di luar jilbab. Berhasil. adik-adik mencontoh, tapi bukan itu yang hendak kita transfer ke mereka.

Sekali lagi, yang diwajibkan berjilbab tentu lebih tahu akan hal ini. Mungkin kurang ahsan bagi saya untuk mengingatkan. Tapi mau bagaimana pun ini harus disampaikan.

Oh ya judul di atas belum selesai… ada titik-titik yang harus di isi, harusnya judulnya berbunyi:
Jangan memakai Jaket diluar Jilbab

oleh: Adrian Fetriskha
Penulis lepas Media Center Daerah FSLDK Sumbar
Ketua UKM FKI RABBANI Periode 2007-2008
Ketua Lembaga Pengajian Islam (LPI) Fakultas HUKUM Periode 2006-2007

http://fsldkn.org/kemuslimahan/jangan-memakai-jilbab.html

Tinggalkan Balasan

