Islamic Study Community – VEDC Malang


RAKORNAS JARMUS FSLDK (Rapat Koordinasi Nasional Jaringan Muslimah Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus)

Posted in Liputan FSLDK oleh Ukhti Soleha pada 1 Februari 2009

RAKORNAS JARMUS FSLDK (Rapat Koordinasi Nasional Jaringan Muslimah Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus)
Written by Administrator
Monday, 26 January 2009 00:31

“Revitalisasi Peran Perempuan Menyongsong Kebangkitan Indonesia”

Saat ini dakwah muslimah Indonesia dihadapkan pada situasi yang cukup menantang. Di tengah terjadinya krisis multidemansional yang dihadapi negeri ini, dakwah muslimah seakan tenggelam dan belum memberikan kontribusi nyata sebagai solusi permasalahan umat. Sebagian besar agenda dakwah hanya berkutat pada agenda domestik dan kurang berani dalam merambah ranah publik. Sehingga muncul anggapan bahwa muslimah hanya memiliki otoritas dalam bidang kerumahtanggaan, sedangkan wacana untuk menjadi tokoh atau pemimpin di masyarakat merupakan hal yang tabu. Hal ini disebabkan sebagian besar muslimah belum memilki kapasitas atau kompetensi yang luas dalam menyikapi kebijakan publik. Sejauh ini upaya pencerdasan muslimah sebagai solusi dari semua permasalahan yang ada masih belum optimal. Belum ada sarana nyata yang mewadahi pengembangan potensi muslimah. Oleh karena itu diperlukan suatu metode atau cara baru untuk optimalisasi peran muslimah sebagai solusi problematika bangsa. Jaringan Muslimah Nasional FSLDK yang menaungi aktivis muslimah LDK seluruh Indonesia tergerak untuk mengadakan agenda besar koordinasi nasional tentang revitalisasi peran muslimah Lembaga Dakwah Kampus sebagai solusi problematika bangsa, yaitu RAKORNAS JARMUS FSLDK (Rapat Koordinasi Nasional Jaringan Muslimah Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus)
Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat sampai Ahad, 23 – 25 Januari 2009, bertempat di Kompleks Kampus C Universitas Airlangga Surabaya

Tujuan dari kegiatan ini adalah:
Menjalin silaturrahim dan komunikasi antar muslimah LDK seluruh Indonesia.
Menyatukan gerak langkah serta visi dan misi Jaringan Muslimah FSLDK se-Indonesia.
Melakukan proses penokohan muslimah FSLDK yang siap berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Bersama menghasilkan solusi dan kerja nyata dalam menyelesaikan permasalahan umat dan bangsa.
Membangun budaya bertukar ilmu dan wawasan.

RAKORNAS JARMUS FSLDK dilaksanakan dengan melibatkan delegasi muslimah seluruh LDK dan jajaran struktur dari tingkat pusat hingga daerah. Rakornas ini meliputi kegiatan utama sebagai berikut:

1. Rapat Koordinasi Jaringan Muslimah Nasional

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran struktur Jarmus dari nasional sampai daerah dengan agenda besar untuk merumuskan rekomendasi nasional bagi solusi permasalahan bangsa.

2. Pemilihan Muslimah Teladan Indonesia 2009

Diselenggarakan oleh struktur Jaringan Muslimah Daerah (Jarmusda) FSLDK selama bulan Desember 2008 dalam rangka peringatan Hari Ibu. Terpilihnya muslimah teladan di tingkat daerah akan diajukan menjadi perwakilan untuk diseleksi di tingkat nasional. Kegiatan ini diikuti oleh muslimah Lembaga Dakwah Kampus yang ada di masing-masing wilayah kerja Puskomda (Pusat Komunikasi Daerah). Terpilih Ukhti Dona dari SUMBAR sebagai duta muslimah Indonesia

3. Rangkaian Lomba-lomba “100 % Muslimah”

Kegiatan ini meliputi lomba penulisan cerpen, puisi, design PIN-pamflet-dll. Diikuti oleh muslimah LDK se-Surabaya Raya dan dimulai dari bulan Desember 2008 sampai Januari 2009.

4. Training Muslimah FSLDK

Kegiatan ini merupakan pelatihan khusus Muslimah Lembaga Dakwah Kampus selama satu hari penuh pada Sabtu, 24 Januari 2009 yang diikuti oleh muslimah perwakilan masing-masing Jarmusda seluruh Indonesia.

5. Simposium Nasional Kemuslimahan

Simposium Nasional Kemuslimahan yang bertema ‘Revitalisasi Peran Muslimah Lembaga Dakwah Kampus Menyongsong Kebangkitan Indonesia’ ini menghadirkan pembicara tingkat nasional yaitu:
Ketua Kemuslimahan WAMY (Yeni)
Ketua Nasyiatul Aisyiah (Abidah Muflihati)
Ketua Salimah Pusat (Wirianingsih)

Merupakan agenda inti yang mempertemukan seluruh elemen kemuslimahan di Indonesia untuk menyikapi satu tema nasional dari berbagai macam perspektif atau sudut pandang guna menghasilkan rumusan rekomendasi/solusi secara nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2009, dihadiri oleh perwakilan muslimah LDK se-Indonesia dan muslimah elemen masyarakat yang lain.

http://fsldkn.org/berita-fsldk/press-release-rakornas-jarmus-fsldk-rapat-koordinasi-nasional-jaringan-muslimah-forum-silaturrahim-lembaga-dakwah-kampus.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: